My Blog...

Berpacu menjadi yang terbaik

Five the Best Gitaris Indonesia

14 November 2011 - dalam Musik Oleh dwiky-a-p-fisip09

1. Ian Antono



Ian Antono yang memiliki nama asli Jusuf Antono Djojo lahir di Malang, Jawa Timur, 29 Oktober 1950. Ia adalah seorang musisi dan pencipta lagu yang juga salah seorang gitaris kelompok musik rock legendaris God Bless. Nah nama Ian Antono ini mulai menarik perhatian karena pada saat itu atmosfer musik rock di Indonesia belum ada yang memulai gan. God Bless lah yang pertama kali mempelopori. So secara otomatis Ian juga menjadi gitaris pertama yang berkibar di jalur rock Indonesia.


2. Erros Chandra



Eross Candra biasa disapa Eross adalah seorang pria kelahiran Yogyakarta, 3 Juli 1979 yang berprofesi sebagai musisi yang merupakan anggota dari grup musik Indonesia Sheila on 7 (ajariii aku tuk jadi pejantan tangguh haha) Si Eross ini gan berposisi sebagai gitaris dari grup musik tersebut. Eross besar di keluarga pecinta musik. Ibunya seorang penyanyi, kakeknya pemain saksofon, dan pamannya mahir main gitar. Sejak SD, Eross telah mengenal dunia musik karena sering mendampingi ibunya yang latihan band di studio musik di rumahnya, Karangkajen, Yogyakarta. Eross sangat tertarik dengan alat musik gitar dan mempelajarinya. Gitar pertama dimiliki oleh Eross saat berusia 14 tahun sebagai kado ulang tahun dari ayahnya.
Selain di Sheila on 7, sekarang ini Eross juga sedang sibuk dengan proyek kelompok musik barunya, Jagostu. Namun, dia memastikan bahwa kelompok musik barunya tersebut tidak akan mengganggu eksistensi dan keutuhan SO7 yang sudah membesarkan namanya.


3. Abdee Negara



Abdee Negara lahir di Donggala, Sulawesi Tengah, 28 Juni 1968. Abdee ini adalah gitaris, vokal pendukung, penulis lagu dan produser yang cukup senior gan. Ia adalah salah satu gitaris Slank dengan gitaris lainnya, Ridho dan pernah bermain dengan gitaris nasional dan internasional lainnya, salah satunya Paul Gilbert. Selain Slank, band utamanya, Abdee juga memproduseri band Indonesia lainnya seperti Serieus. Sejak memulai karir musiknya, Abdee selalu bermain dan mempersembahkan gaya rock-blues.


4. I Wayan Balawan



Nah ini nih dewa gitarnya Indonesia. I Wayan Balawan lahir di Gianyar, Bali, 9 September 1973. Balawan terkenal sebagai pemusik Jazz papan atas Indonesia. Ia adalah seorang gitaris Jazz yang nama mencuat dan semakin difavoritkan di Indonesia dengan teknik bermain gitar Touch Tapping Style. Ia juga sempat mengenyam pendidikan musik di Australia namun dulu ia mengambil jurusan musik rock bukan jazz. Sekarang ini Balawan membentuk band Batuan Ethnic Fusion yang mengusung eksplorasi musik tradisional Bali.


5. Dewa Budjana



I Dewa Gede Budjana atau yang dikenal dengan nama Dewa Budjana lahir di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, 30 Agustus 1963. Ia adalah anggota grup musik Gigi dan berposisi sebagai gitaris. Ketertarikan dan bakat Dewa Budjana pada musik, khususnya gitar, sudah sangat dominan terlihat sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar di Klungkung Bali. Sampai-sampai, Budjana kecil pernah mencuri uang kakeknya untuk sekedar memenuhi keinginannya membeli gitar pertamanya seharga 10.000 Rupiah. Sejak memiliki gitar pertama inilah yang membuat Budjana tidak lagi memiliki semangat untuk bersekolah, baginya gitar adalah nomor 1. Pada saat itu Budjana mempelajari sendiri teknik bermain gitar, dan dia mampu dengan cepat mahir mempelajari lagu Deddy Dores berjudul Hilangnya Seorang Gadis dan lagunya The Rollies berjudul Setangkai Bunga, itupun disaat ia sama sekali belum tersentuh literatur-literatur musik/gitar yang formal. Sekarang ini selain masi aktif bersama Gigi, Budjana juga menjalani solo karir sejak tahun 1997.



Read More | Respon : 1 komentar

1 Komentar

Vend Tolothomank

pada : 09 March 2013


"ENTAH APA JADINYA MUSIK INDONESIA TANPA MEREKA..."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :