My Blog...

Berpacu menjadi yang terbaik

Musik Dangdut

14 November 2011 - dalam Musik Oleh dwiky-a-p-fisip09

Musik dangdut telah dikenal luas sebagai musik rakyat khususnya dengan tingkat ekonomi menengah kebawah. Hampir semua rakyat kelas pekerja sangatlah mencintai musik dangdut. Banyak sekali musisi-musisi dangdut yang berhasil sukses dan terkenal berkat bakat di bidang musik dangdut. Namun, hanya sedikit masyarakat yang mengetahui asal-muasal dari musik dangdut itu sendiri.Awal mulanya, musik dangdut berasal dari musik melayu yang berkembang pada sekitar tahun 1940-an. Namun pada perkembangannya sekarang, musik dangdut tidak hanya dipengaruhi oleh musik melayu, tapi juga dipengaruhi oleh musik dari India dan Arab. Musik India sangat mempengaruhi musik dangdut, terutama masalah digunakannya tabla dari musik India. Lalu untuk masalah cengkok serta harmonisasi musik, dangdut mendapatkan pengaruh besar dari musik India.

Namun, pengaruh terbesar dalam musik dangdut adalah musik India. Bahkan penamaan musik dangdut adalah berasal dari suara yang dihasilkan tabla India, atau kita lebih mengenal gendang. Bunyi dang dan dut adalah asal muasal nama musik dangdut. Lagu dangdut pada awalnya juga sangatlah miskin akan improvisasi, melodi, dan juga harmoni. Hampir semua lagu dangdut bisa dibilang terlalu konservatif karena satuannya hampir selalu 4/4.

Seperti yang sudah dikatakan diatas, banyak sekali musisi dangdut yang menjadi legenda musik tanah air. Dari semua nama, tampaknya Haji Rhoma Irama adalah yang paling tenar dan paling digandrungi oleh para pencinta musik dangdut. Lagu Rhoma Irama yang diiringi oleh Soneta Group selalu saja mendapatkan tempat khusus dihati para penggemar. Lagu-lagu seperti Darah Muda dan juga Begadang selalu saja didendangkan oleh masyarakat hingga saat ini. Meskipun Rhoma Irama hampir tidak bergoyang saat bernyanyi (Rhoma Irama dan Soneta Group selalu hanya bergoyang ke kiri dan ke kanan), tetap saja dia bisa membuat ribuan penonton konsernya berjoget terus.

Era Dangdut masa kini pun tetap semarak. Namun apabila dulu hanya memasukkan unsur musik yang indah dalam setiap lagunya, kini telah banyak lagu-lagu dangdut yang berasal dari musik pop maupun rock yang di remix ulang. Para penyanyi dangdut pun seakan menambahkan goyang khas sebagai senjata mereka menarik penggemar. Dimulai dari era Inul Daratista yang sangat fenomenal. Saat pertama muncul, Inul Daratista dengan goyang ngebornya telah membius ribuan penggemar dan membangkitkan semangat dangdut yang sempat redup. Sayang sekali karena berbagai protes dari banyak pihak, Inul Daratista sudah hampir tidak terdengar lagi. Namun, hilangnya Inul bukan berarti berakhirnya era joget. Justru setelah Inul, ada puluhan bahkan ratusan penyanyi dangdut yang menjadikan goyang khas sebagai jualan utamanya.

Pro kontra dangdut di negeri Indonesia sangatlah panjang. Namun seperti kata project pop, dangdut adalah musik dari negeri Indonesia. Dangdut masihlah menjadi salah satu musik yang paling digemari di Negara ini.



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :