My Blog...

Berpacu menjadi yang terbaik

Merawat Gitar

13 November 2011 - dalam Musik Oleh dwiky-a-p-fisip09

Saat kita bermain gitar, kadang tanpa sadar banyak keringat yang keluar dari tangan kita, hal ini  karena kerja otak dan aktivitas tangan/jari yang nguras energi. Senar gitar yang kena keringat dan kotoran/debu, saat kita memainkannya dapat menimbulkan  karat di setiap permukaan yang dibatasi tiap fret-nya (fretboard). Itu bisa bikin suara gitar jadi cempreng dan fals.

Jadi… paling gak seminggu sekali kita lakukan perawatan, atau tergantung  frekuensi pemakaiannya. Semakin sering dirawat semakin baik kan.. :)

Ada beberapa tips merawat gitar kesayangan kita, ikuti langkah2 sbb:

1. Membersihkan Body  Guitar

Bersihkan dengan menggunakan lap berbahan kaos/kain halus, baik body, neck, apalagi bagian pickup dibawah senar yang pastinya susah bersihin debunya (bisa pake kuas cat), sampai terlihat kinclong lagi. Jika perlu, gunakan cairan guitar polish.

2. Membersihkan Fretboard

Nah, fretboard ini tempat bersarangnya kotoran akibat keringat dari jari2. Jika dibiarin terlalu lama, bisa manjadi kerak. So.. setiap mengganti senar, sebaiknya sekalian bersihkan fretboardnya dengan pick gitar, lalu lap dengan kain halus berbahan kaos.

3. Membersihkan Senar

Caranya bersihkan senar2 dengan menggunakan lap berbahan kaos/kain yang lembut, bisa juga dengan membasahi lap tersebut dengan cairan string cleaner/pembersih senar.

4. Mengganti Senar

Jika senar/string sudah berkarat, gantilah. Jika gak diganti, bukan hanya gak enak dimainkan, tapi itu bisa bikin warna suaranya jadi gak karuan, dan bisa merusak fret gitar. Selain itu, jari-jari  juga bisa sakit. Senar sewaktu waktu bisa putus dan akan melukai tangan kita.
Sebaiknya biasakan untuk mengganti senar gitar satu set sekaligus,. Hal ini untuk mencegah belangnya warna suara antara senar baru dan senar lama. Jadi bila senar sudah lama dan putus salah satunya, disarankan untuk mengganti semuanya.

4. Mengendurkan Senar

Selain rajin membersihkan senar gitar, kita  juga perlu mengendurkan senar gitar bila gitar gak dipakai dalam jangka waktu lama. Tujuannya biar neck gitar tidak melengkung. Senar gitar yang disetel adalah tali yang ditegangkan, dan penegangan ini akan menarik dua sisi yang menegangkan. Pada gitar, tarikan akibat ketegangan itu bisa membengkokkan neck. Sayangkan…jika gitar bagus2 tapi necknya melengkung… :P

5. Meletakkan Gitar Yang Benar

Meletakkan gitar yang benar adalah terlentang, bagian neck bersenar menghadap ke atas. Karena biasanya ada yang meletakkan gitar dengan posisi berdiri, yakni posisi ujung neck bagian atas ditempelkan di dinding atau diletakan miring di lantai.

6. Case Gitar

Case gitar itu ibarat rumah bagi gitar. Fungsinya buat ngelindungi gitar dari udara kotor, gesekan2/benturan2. Ada softcase gitar dan hardcase gitar. Softcase lebih ringan, berbahan lembut dan mudah dibawa kemana-mana. Sedangkan hardcase, dengan bahannya yang keras akan melindungi total dari benturan..sangat cocok jika dibawa buat perjalanan jauh. Semua tergantung pilihan dan kebutuhan masing2. Yang penting, usahakan selalu menyimpan gitar  dalam case-nya, dan letakkan pada tempat yang gak lembab tapi juga gak panas dan gak pengap, agar gitar kesayangan kita awet dan gak mudah rusak.

7. Gitarku… Kekasihku…

Begitulah seharusnya kita menganggap gitar kita.. jadi udah sepantasnya jika kita memperlakukannya dengan rasa sayang. Menjaga dan selalu merawatnya dengan telaten dan penuh kasih… Jangan sekali-kali melakukan KDRT kepada gitar! Ingat, gitar itu sensitif…butuh sentuhan yang tulus dari hati.. :D

Guitar Anatomy

Guitar Anatomy

Saat kita bermain gitar, kadang tanpa sadar banyak keringat yang keluar dari tangan kita, hal ini  karena kerja otak dan aktivitas tangan/jari yang nguras energi. Senar gitar yang kena keringat dan kotoran/debu, saat kita memainkannya dapat menimbulkan  karat di setiap permukaan yang dibatasi tiap fret-nya (fretboard). Itu bisa bikin suara gitar jadi cempreng dan fals.
Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :