My Blog...

Berpacu menjadi yang terbaik

Sekilas tentang musik indie

13 November 2011 - dalam Musik Oleh dwiky-a-p-fisip09

Istilah indie berasal dari kata independent, yang artinya bebas, mandiri. Jadi, pada dasarnya musik indie bisa diartikan sebagai musik yang mandiri, lepas dari jalur mainstream, yang memegang teguh nilai otentik, experimentalisme, anti komersial, kadang juga merupakan apresiasi terhadap dunia musik yang melawan genre pop culture, dengan kata lain berani tampil beda…kalau aku menyebutnya it’s cool to be different :)

Kalo dikaitkan dengan sebuah band, maka band indie adalah band yang mandiri, berdiri sendiri, dari segi pendanaan semua pengeluaran, mulai produksi, pemasaran sampe distribusinya.

Kadang ada yang salah paham dengan istilah musik indie/band indie, menyangka indie adalah salah satu aliran/genre musik. Kalo menurut sepengetahuanku, band indie memiliki prinsip yang kuat dan mengakar dalam sebuah idealisme bermusik, kreatif, bebas mengeluarkan ide-idenya dan memilih jalurnya sendiri tanpa terikat dari sisi komersil (mayor label) atau boleh dikatakan keluar dari jalur mainstream musik. Mendanai dan memanage bandnya sendiri sehingga kadang jarang yang memiliki link pemasaran yang kuat. Mengenai aliran/genre musik yang dipilih, itu sesuai dengan idealisme mereka masing2. Ada yang pop, rock punk, metal, blues, atau alternatif lainnya.
Karena it’s cool to be different itulah kadang ada sebagian orang yang mengatakan band indie adalah band yang gak jelas arah tujuan dalam bermusik, genre apakah yang mereka ciptakan/bawakan. Oh no! Silakan aja orang berpendapat apa, tapi yang jelas musik indie lebih jujur.. mereka berkarya ada yang berawal dari sekedar hobby, lalu membiayai sendiri, melantangkan suara hati dan berkreasi didalamnya tanpa beban diatur-atur oleh produsen… :D

Dalam perkembangannya dewasa ini, banyak kreasi2 dari musisi2 indie yang mempunyai wadah, dengan membentuk sebuah komunitas indie. Yang mana ini sangat menguntungkan bagi perjalanan ke depan mereka dalam bermusik.. Banyak sekali media yang dipake buat masarin/mendistribusikan karya2 mereka. Contohnya melalui internet, festival2 musik (indiefest), dsb. Karena tidak terikat dan tidak ditarget dengan penjualan yang harus sekian copy layaknya major lable, band indie ngerasa tanpa beban dalam berkreasi.

Pada umumnya, emang band mayor lebih kuat dalam segi pendanaan, secara mereka ada dibawah naungan produser komersial. Namun ingat, banyak juga band mayor yang cuman kagetan aja, didongkrak secara instan, hanya sekali mengeluarkan satu album tapi cuman 1 singgel terkenal, lalu menguap tanpa ada kabar berita karena gagal bersaing di industri musik.. :D .  Sebaliknya, gak sedikit kok dari band indie yang punya orang marketing yang handal, royalti yang didapat bahkan ada yang bisa lebih besar dari band mayor. Bahkan sekarang banyak band indie yang sukses sampe go internasional dan mendapat royalty yang gede.

Sekarang ini, banyak band mayor yang dengan bangga menganggap dirinya indie (bisa ngomong gitu karena udah kaya, hasil dari mayor label.. :D ). Padahal mereka gak nyadar, banyak hal yang menyulitkan dengan mengklaim dirinya sebagai indie… Hanya karena berangkat dari band indie, lalu karena sebuah kepentingan…apalah itu, mereka masuk dalam mayor label… Nah, setelah sukses meraup keuntungan mereka lepas dari mayor kemudian mengklaim dirinya sebagai band indie. Hmmm… jadi bingung apa ya itu namanya… Bikin rancu, khususnya bagi mereka yang benar-benar indie band dengan segala kemandirian yang mereka punya.

Terlepas dari indie atau mayor, kalo aku pribadi lebih menilai sebuah kreativitas bermusik itu dari keseriusan menjalaninya. Konsentrasi dengan karya2nya, jadi diri sendiri lebih baik daripada harus mengekor sebuah ketenaran orang lain, sampe harus maksa jadi plagiator. Gak hanya sekedar mengejar ketenaran dan uang aja, yang pada akhirnya malah bikin kreativitas jadi menurun, dan akhirnya hancur. Kalopun harus komersil dan menjadikan sebuah profesi, alangkah baiknya jika gak asal aja, asal tenar, asal laku..tapi cuman sesaat tok… gak ada kualitas yang bikin band tsb mampu mengambil hati penikmatnya, cuman sekedar lewat aja…



Read More | Respon : 1 komentar

1 Komentar

wandy

pada : 29 February 2012


"like ..,"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :